MANFAAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN

Pada beberapa tahun belakangan, pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan hal yang sangat dipikirkan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan telah banyak melakukan berbagai cara untuk pelatihan dan pengembangan karyawan, dengan membuat berbagai pelatihan untuk setiap tingkatan jabatan, kewajiban dalam mengikuti pelatihan tertentu yang ditetapkan, sampai pada pelatihan luar ruang yang digabung dengan acara refreshing atau gathering bagi karyawannya.

Pentingnya pelatihan soft skill

Perusahaan memiliki divisi khusus yang mengonsep jenjang pelatihan yang wajib diikuti karyawan, atau pelatihan tambahan sebagai peningkatan kompetensi dan keterampilan secara profesional. ReFrame Positive memiliki layanan untuk perusahaan yang belum memiliki program pelatihan untuk karyawannya, kami akan membuatkan program pelatihan untuk semua jenjang jabatan selama setahun disesuaikan dengan kompetensi yang perlu ditingkatkan atau ditambahkan.

[Continue reading…]

MOTIVASI KARYAWAN

Motivasi karyawan menjadi perhatian dari management puncak suatu perusahaan, hanya perusahaan yang mempunyai pola pikir bahwa karyawan adalah asset lah yang memperhatikan perkembangan motivasi karyawan mereka. Perusahaan-perusahaan tersebut sangat memahami bahwa motivasi karyawan merupakan kunci yang menentukan dari kinerja individu, produktivitas kelompok, dan mempertahankan budaya kantor yang menyenangkan.

Beberapa perusahaan telah banyak melakukan berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan motivasi karyawan, bahkan ada yang memiliki divisi khusus yang mengonsep dan melakukannya. Berbagai cara melakukan motivasi karyawan kadang berhasil tetapi ada juga yang tidak sesuai atau terjadi perubahan seperti yang diinginkan perusahaan.

Pengertian Pelatihan Character Building

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? motivasi karyawan adalah jauh dari ilmu pasti. Tidak ada formula rahasia, tidak ada cara menghitungnya, tidak ada lembar kerja untuk mengisi, kecuali hanya untuk mengetahui kondisi saat ini karyawan tersebut, dan dapat berubah-ubah tergantung dari suasana hatinya. Pada kenyataannya, sebetulnya motivasi dapat dilakukan sendiri oleh karyawan dan perusahaan hanya membantu memfasilitasi sehingga motivasi karyawan tersebut dapat dinaikkan. Beberapa karyawan mungkin dapat termotivasi hanya oleh uang atau karir. Lainnya mungkin menginginkan penghargaan atau pengakuan secara pribadi dari perusahaan ataupun leadernya untuk pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik. Ada juga karyawan yang termotivasi karena lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kekeluargaan.

[Continue reading…]

KESADARAN DIRI UNTUK PERUBAHAN

Kesadaran diri adalah merupakan tahapan pertama bagi seseorang dalam melakukan perubahan pada dirinya untuk memperbaiki dirinya menjadi semakin lebih baik. Kesadaran diri untuk perubahan merupakan awal dengan menyadari diri sepenuhnya dan mengenal diri lebih dalam, bisa dilengkapi dari apapun yang selama ini menjadi lintasan pikirannya, apa yang dia lihat, apa yang dia rasakan dan dia dengar dari eksternal atau di luar dirinya.

Kesadaran diri untuk perubahan adalah materi yang pernah saya bawakan sebagai narasumber pada suatu talkshow di SindoTV Channel 80 Jakarta pada acara MotivaTalk yang dipandu oleh Poppy sebagai host, dengan durasi acara 1 jam. Pada artikel ini saya akan memberikan rangkumannya secara singkat bagi Anda, sahabat-sahabat, yang mungkin tidak menyaksikan acara tersebut.

Kesadaran Diri untuk Perubahan

Kesempatan memperbaiki diri akan selalu datang dengan CARA-CARA YANG INDAH, melalui prestasi, kemenangan, keberhasilan dan kebahagiaan, BAHKAN juga melalui masalah, kemarahan, kekalahan, kegagalan dan kesedihan – (Rully Mujahid)

[Continue reading…]

MAKNA KOMUNIKASI

Makna komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan melalui saluran atau media dengan harapan mendapatkan umpan balik. Kemampuan dalam komunikasi ini adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient), banyak para psikolog percaya bahwa EQ memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam kehidupan kita dibandingkan dengan kecerdasan otak (IQ, Intelligent Quotient). Menurut pendapat Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence menyatakan bahwa Intelligent Quotient (IQ) hanya menyumbangkan sekitar 20% sementara Emotional Intelligence (EQ) memberi kontribusi sebesar 80% bagi kesuksesan kita.

Makna komunikasi adalah respon yang Anda dapat, jika respon yang diterima positif maka Anda berhasil melakukan komunikasi sesuai tujuan Anda, tapi jika respon yang diterima negatif berarti ada kesalahan dalam penyampaian informasi.

Informasi yang ingin disampaikan bisa berupa keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat kepada seseorang, jika gagal maka Anda harus menggunakan cara yang lain dalam mengomunikasikannya. Disinilah empati dan fleksibilitas sangat menentukan kesuksesan komunikasi. Semakin anda memahami intensi dari tiap orang, semakin mudah Anda mengenali cara yang paling tepat untuk mengomunikasikan pesan atau informasi tersebut kepadanya.

Makna Komunikasi

Ada lima elemen dasar yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam proses komunikasi, elemen tersebut diistilahkan dengan “Who Says What in Which Channel to Whom with What Effect”.
Kelima elemen dasar tersebut adalah Who (sumber atau komunikator), Says What (pesan), in Which Channel (Saluran), to Whom (Penerima), with What Effect(Efek atau dampak). Lima elemen dasar dari komunikasi yang dikemukakan oleh Harold Laswell di atas akan bisa membantu para komunikator dalam menjalankan tugas mulianya.

Berhasil tidaknya suatu komunikasi tergantung dari kelima elemen dasar tersebut. Bagaimana komunikator bisa mempengaruhi komunikannya, sehingga bisa bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator, bahkan bisa merubah sikap dan perilaku dari komunikan tersebut.

Makna Komunikasi dalam Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi seperti ini difasilitasi oleh ReFrame Positive dalam program training communication skill, dimana Anda akan dilatih untuk memperhatikan karakter komunikator, isi pesan, saluran yang bagaimana yang akan bisa merubah sikap dan perilaku komunikan, serta perubahan yang bagaimana yang diharapkan dari proses komunikasi tersebut.

Dalam mendapatkan makna komunikasi yang terjadi dalam proses komunikasi salah satunya perlu mengetahui karakterisitik dari teman bicara Anda, yaitu antara lain bagaimana dan siapa dia, latar belakangnya dari tingkat pendidikan, keluarga, suku, agama dan bahkan aliran politik dan partainya, dimana dia bekerjanya, jabatan dan posisinya, dan masih banyak lagi yang perlu diketahui dari informasi pribadi teman bicara Anda.

Karakterisitik ini perlu diketahui untuk mendapatkan makna komunikasi, dan lebih mendekatkan serta memudahkan Anda sebagai awal dari pertemuan, membuka pembicaraan, dan agar Anda tidak salah dalam mengambil topik pembicaraan atau memainkan guyonan dan humor ketika proses komunikasi, sehingga respon yang Anda dapat pun dapat sesuai dengan tujuan komunikasi.

KAPASITAS STRES

Berapa banyak kapasitas stres Anda? Dan sampai seberapa kuat Anda dapat menahannya?. Pertanyaan itu sangat perlu ditanyakan pada diri Anda sehingga Anda dapat mengambil tindakan tang tepat ketika stres menyerang Anda.

Seseorang mungkin tidak menyadarinya, akibat stres dapat mempengaruhi kesehatan dan menyebabkan kerusakan yang luas pada dirinya, sehingga sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui batas kapasitas stresnya sendiri.

Memang seberapa banyak kapasitas stres dari seseorang berbeda dengan orang lainnya. Beberapa orang dapat terjatuh dengan pukulan yang keras dari masalah yang dihadapinya, sementara yang lain terjatuh dan hancur ketika mendapatkan hambatan sedikit atau frustrasi. Beberapa orang bahkan dapat terpacu dan berkembang dengan kegembiraan dan tantangan dari gaya hidup stres tingginya.

Kapasitas Stres
[Continue reading…]

ANTUSIASME DALAM BEKERJA

Antusiasme dalam bekerja di dalam keseharian seorang karyawan, kadang terjadi naik turunnya semangat dari karyawan tersebut, disebabkan hal-hal yang dapat diketahui ataupun tidak dan bisa terjadi tiba-tiba, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat menurunkan kinerja dan pelayanan atau produksi dari perusahaan.

Manusia membutuhkan semangat dan perasaan antusias bukan hanya supaya mereka dapat terus-menerus bekerja, tetapi juga akan membuat mereka melakukan pekerjaan mereka dengan sukacita. Dengan antusiasme dalam bekerja yang tinggi dari karyawan, maka akan memberikan energi positif yang besar kepada tim dan rekan-rekan di tempat kerjanya. Ketika masalah serta tantangan dalam pekerjaan semakin besar, maka pada akhirnya, yang akan tersisa hanyalah orang-orang dengan antusiasme tinggi. Mengapa? Karena merekalah yang mampu menanggung segala kesulitan dan masalah yang terjadi dalam hidupnya.

Nothing great was ever achieved without enthusiasm.
(Ralph Waldo Emerson – American Poet, Lecturer and Essayist, 1803-1882)

[Continue reading…]

MANFAAT BRAINSTORMING

Manfaat brainstorming sangat berdampak pada perkembangan suatu perusahaan, didukung oleh anggota tim yang solid yang dapat memberikan solusi dari tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh tim maupun perusahaan.

Manfaat BrainstormingMenurut wikipedia Brainstorming adalah latihan kreativitas untuk kelompok maupun individu dimana upaya yang dilakukan untuk menemukan kesimpulan untuk suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan daftar ide spontan yang disumbangkan oleh anggota kelompok. Istilah ini dipopulerkan oleh Alex Osborn Faickney 1953 dalam buku Terapan Imajinasi. Osborn menyatakan bahwa brainstorming dalam suatu kelompok lebih efektif daripada individu yang bekerja sendirian dalam menghasilkan ide-ide. [Continue reading…]

PENGERTIAN INOVASI

Banyak sekali yang memberikan defenisi atau pengertian inovasi, dan semuanya memberikan pengertian inovasi yang bermacam-macam dari tiap sumber dan ahli, dan semuanya saling melengkapi dan menguatkan dalam memberikan pengertian tentang apa itu inovasi, berikut beberapa definisi atau pengertian inovasi tersebut:

    • Innovation is the creation of something that improves the way we live our lives (Barack Obama,2007).
    • an Innovation is an idea for accomplishing some recognize social end in a new way or for a means of accomplishing some new social end (Donald P. Ely, 1982, Seminar an Educational Change).
    • Innovation is the creation of the new or the re-arranging of the old in a new way (Michael Vance).

[Continue reading…]

JENIS STRES

Kehidupan modern yang dijalani kebanyakan orang, menimbulkan jenis stres yang beraneka macam, apalagi yang berada di ibukota atau kota-kota besar yang penuh dengan aktivitas, selalu mengalami situasi yang terburu-buru, tenggat waktu, dilema, harus cepat mengambil keputusan, frustrasi, dan tuntutan. Stres menjadi hal yang biasa buat sebagian orang, karena terbiasa dipacu dan mengalami situasi yang sama seperti itu, mungkin di awal akan merasakan keadaan yang tidak nyaman di dalam diri, tapi lama kelamaan beradaptasi menjadi biasa dalam menjalani situasi tersebut. Stres ini pernah dialami oleh siapapun, baik yang tua maupun muda, baik laki-laki maupun perempuan, dari bayi sampai kakek nenek, baik yang miskin maupun kaya, baik yang sekolah maupun bekerja, baik karyawan maupun pengusaha, hal ini membuktikan bahwa stres memang sudah menjadi bagian hidup dari manusia. Stres tidak dapat dihindari, tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat dikelola menjadi motivasi, pendorong dan penguat. Oleh karena itu, Anda yang mampu mengkontrol stres yang datang di kehidupan Anda.

Jenis Stres [Continue reading…]

PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK KARYAWAN

Pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan merupakan pelatihan soft skill yang banyak dicari oleh perusahaan, karena memegang peranan sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Perusahaan sangat yakin komunikasi efektif dibutuhkan juga untuk memperkuat keutuhan dan kekompakan tim, untuk menguatkan proses pekerjaan dalam mengambil keputusan atau menemukan solusi dari permasalahan yang muncul, serta dapat juga meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari sisi motivasi, karir dan lain sebagainya.

Dengan pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan maka akan melatih keterampilan dalam mengatur dirinya dengan kematangan mental dapat mengontrol pikiran, perasaan dan perkataannya dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman bicaranya.

Pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan

Dan selain itu pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan juga melatih dalam keterampilan berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain sehingga proses komunikasi dapat berjalan lancar, jelas dan mendapatkan respon yang sesuai.

Dampak Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Karyawan

Perusahaan yang mengadakan pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan, dampak yang sangat terasa pertama kali sudah pasti adalah untuk diri karyawan itu sendiri, dengan meningkatkan kesadarannya ketika dia telah memutuskan dan mengijinkan dirinya untuk berubah menjadi lebih baik.

Kemampuan atau keterampilan komunikasi akan terus meningkat dari para peserta pelatihan komunikasi efektif, dan semakin dia merubah dirinya lebih baik dan semakin baik, komunikasi yang terjadi akan semakin baik dan jelas, maka dampaknya akan terasa di lingkungan kerja dan bisa jadi akan menularkan energi positifnya kepada rekan-rekan kerjanya sehingga menjadikan tim yang positif dan solid juga.

Semua berawal dari komunikasi, karena itu pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan ini sangat ditekankan menjadi salah satu modul yang wajib diikuti dalam program pelatihan soft skill untuk karyawan.

Pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan yang dilakukan ReFrame Positive Training Center selalu menekankan terlebih dahulu pada kesadaran diri dan penilaian diri dari komunikasi yang selama ini dilakukan, kemudian melakukan perubahan kepada kemampuan atau keterampilan komunikasi yang ideal agar informasi atau pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, dan mendapatkan respon yang sesuai.