KEINDAHAN DIBALIK MASALAH

Dibalik semua masalah pasti ada hikmahnya, seringkali kita mendengar kalimat tersebut, namun tidak semua orang bisa mengerti dengan logikanya, sebagian dari kita mungkin merasa sulit untuk mengetahui apa hikmah dibalik setiap kejadian buruk yang menimpa kita, karena kita sudah terlanjur dikuasai oleh emosi.

Hidup adalah pilihan, memilih untuk mengambil sudut pandang terbaik dari suatu masalah, karena pemilihan sudut pandang yang baik dan tepat akan mengubah hari-hari kita menjadi lebih indah.

motivasi-training-masalahMelihat dan fokus pada keindahan dari suatu masalah pasti akan menimbulkan tantangan, namun kita pasti bisa melakukannya, yaitu dengan latihan, selalu melatih diri kita berulang-ulang untuk melihat dan fokus pada keindahan atau hikmah dibalik semua masalah yang terjadi. Mulailah dari kejadian kejadian kecil yang biasanya kita lihat dari sudut pandang yang menjengkelkan, atau mengesalkan. Mulailah mencoba melihat dengan keindahan, karena jika tidak dicoba maka kita tidak akan pernah tahu jika kita bisa melihat segala sesuatu dari sudut keindahan.

Setelah melalui latihan-latihan kita akan semakin terbiasa dengan melihat keindahan atau hikmah dalam setiap masalah atau kejadian, memang tidak mudah jika kita dihadapi permasalahan pelik namun masih diminta untuk melihat sisi baiknya, tapi bagaimana pun percayalah selalu ada kebaikan di setiap kejadian yang kita anggap buruk,mungkin keindahan tersebut tidak dapat kita lihat dan rasakan langsung tapi jika sudah terbiasa kita akan dengan cepat menemukannya .

Selain dengan latihan, manusia sebagai mahluk paling sempurna juga diberikan anugerah untuk dapat memberi respon secara intelektual, kemampuan memberi respon secara intelektual inilah yang memungkinkan manusia dapat mengartikan setiap peristiwa yang dialami. Semuanya tergantung dari sudut pandang kita ingin melihat , mengartikan dan memberi label yang seperti apa pada suatu kejadian.

Melihat keindahan dibalik suatu masalah perlu keyakinan mendasar, keyakinan bahwa Sang pencipta tidak akan memberikan sesuatu hal buruk menimpa kita, yakin bahwa Sang Pencipta selalu memberikan yang terbaik menurutNya,bukan menurut kacamata kita sebagai hambanya. Tanamkan lah keyakinan tersebut, karena hal ini dapat membantu kita lebih mudah menemukan kebaikan, keindahan dari suatu kejadian.

Setiap masalah, peristiwa atau kejadian adalah netral, tinggal kita nya saja yang memberikan arti atau memberikan label terhadap mereka, label baik atau tidak baik, buruk atau tidak buruk, parah atau tidak parah, dan seterusnya, ketika saat pertama kali kejadian kita berikan arti “sangat parah” maka alam bawah sadar kita pun akan merespon kejadian tersebut menjadi sangat parah, padahal mungkin kejadian tersebut masih dalam batas wajar.

Bila kita mendapatkan kejadian atau musibah yang tidak diharapkan, akan jauh lebih mudah jika kita memilih untuk menerimanya terlebih dahulu dibandingkan menyangkalnya, terimalah kejadian tersebut, berdamailah kemudian bangkitlah untuk mencari solusi,

Mereka yang selalu memilih untuk melihat dunia dari sisi keindahan adalah mereka yang beruntung, mereka tidak bergantung pada keadaan dan tidak menyalahkan situasi, mereka mampu memanfaatkan kekuatan diri yang luar biasa yang terdapat dalam diri. Dan kita selalu mempunyai kebebasan untuk memilih sudut pandang yang kita ambil.

Blessing in Disguise, ada hikmah dibalik semua cobaan, hikmah ini akan memberikan keindahan dan arti tersendiri yang akan membantu kita menerima dan mengikhlaskan sesuatu yang kita anggap sebagai musibah, dengan mengetahui hikmah dibalik semua cobaan, hidup kita pun akan semakin indah dan ringan untuk dijalani, karena sungguh tak ada kejadian buruk yang diberikan Sang Pencipta untuk hambanya.

Indahnya kehidupan bukan terlihat dari mata yang memandang, telinga yang mendengar, atau lidah yang mengecap, namun terdapat pada arti yang kita letakkan pada setiap momen kejadian hidup ini -Gobind Vashdev-

 

*disadur dari buku HAPPINESS INSIDE -Gobind Vashdev-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *