KEMAMPUAN MENYIMAK SEORANG TRAINER

Menurut kamus bisnis, Trainer adalah seseorang di tempat kerja yang memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada pekerja lain.       Dalam artikel ini kami akan berbagi tentang salah satu keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh seorang trainer,yaitu kemampuan dalam menyimak.

Menyimak berarti mendengarkan (memperhatikan) baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca orang lain (KBBI edisi ke 4. hal 1307)

Menyimak menurut Tarigan (1983 : 19), adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujian atau bahasa lisan. (Buku menyimak karya Dra. Ice Sutari dkk. hal 19 )

Menyimak menurut Goss (dalam Farris, 1993 :154 ) merupakan suatu proses mengorganisasi apa yang didengar dan menetapkan unit-unit verbal yang berkorespodensi sehingga bisa ditangkap makna tertentu dari apa yang didengar.

Menyimak adalah mendengar secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak. (Buku Panduan Bahasa dan Sastra Indonesia karya Drs. Natasasmita Hanapi hal; 18)

train the trainer-pelatihan-training

Diatas adalah beberapa definisi dari menyimak,kemampuan menyimak memang diperlukan oleh seorang trainer karena trainer yang memiliki kemampuan menyimak dengan baik berarti memiliki salah satu pilar komunikasi efektif. Seorang trainer yang mampu mendengar belum tentu mempunyai kemampuan menyimak yang baik.

Ada perbedaan antara mendengar dan menyimak, mendengar itu diungkapkan lebih dulu dari menyimak, mendengar adalah aktivitas yang tidak menggunakan konsentrasi secara sempurna, sementara menyimak berarti menggunakan indra pendengaran secara fokus.

Berikut beberapa alasan mengapa seorang trainer memerlukan kemampuan menyimak yang baik :

1. Menghindari Anda dari masalah, karena seseorang yang menyimak dengan baik berarti ia memperhatikan segala instruksi , dan usulan, serta pembicaraan orang lain, jadi mereka pun akan merasa sangat didengar.

2. Menjadikan Anda lebih profesional, karena menyimak adalah jalan untuk mendapatkan pengetahuan, sehingga Anda akan bertambah informasi seputar kerja Anda.

3. Dapat mempengaruhi orang lain, ketika Anda menyimak perkataan orang lain maka mereka akan memberikan respon kepada Anda, mereka merasa diperhatikan dan dihargai, ketika respon positif itu sudah terjalin maka Anda dapat mempengaruhi mereka untuk menerima pengetahuan yang Anda sampaikan.

4. Dapat meredam kemarahan orang lain, dengan menyimak seseorang yang sedang marah maka kita akan mendapatkan sebab kemarahannya, sehingga kita pun bisa memperlihatkan simpati kepadanya, lalu redam amarahnya menuju sikap rasional kembali.

5. Anda mendapatkan simpati lawan bicara, orang tidak senang kepada seseorang yang tidak mau mendengarnya, jadi ketika Anda benar-benar menyimak pembicaraan lawan bicara Anda, mereka akan bersimpati kepada Anda.

Lalu bagaimana caranya seorang trainer meningkatkan kualitas menyimak,berikut tips sederhana yang perlu diperhatikan :

1. Anda harus diam ketika menyimak, Anda tidak bisa berbicara dan menyimak sekaligus.

2. Sadari bahwa menyimak adalah kunci kesuksesan Anda, dengan menyimak Anda akan mendapatkan kekuatan, apresiasi dan simpati, juga segala informasi yang Anda butuhkan.

3. Simaklah dengan pemahaman.

4.Rendahkanlah hati Anda ketika menyimak pembicaraan orang lain, dengan demikian Anda tidak akan mempunyai penilaian negatif tentang lawan bicara Anda.

5. Berusahalah untuk fokus ketika menyimak.

6. Hindari menyela pembicaraan orang lain, jangan memotong pembicaraan lawan bicara Anda.

7. Jangan menyibukkan diri dengan mencari respon dari pembicaraan lawan bicara Anda, karena hal itu akan memecah fokus Anda

8. Jauhilah segala perbuatan yang tidak perlu, seperti memainkan pulpen, menggoyangkan kaki, bersedekap, atau lainnya.

9. Posisi kan diri Anda pada posisi lawan bicara Anda, jika Anda yang sedang berbicara sudah pasti Anda ingin didengar dan disimak dengan baik, begitulah sebaiknya Anda bersikap.

Dan berikut adalah hal yang sebaiknya dilakukan jika Anda sudah selesai menyimak pembicaraan lawan bicara Anda :

1. Anda dapat mengulangi beberapa kalimat yang diungkapkan pembicara,sehingga menjadi bukti bahwa Anda menyimak dengan baik.

2. Anda dapat mengutarakan pertanyaan, tujuannya agar Anda bisa mengajukan klarifikasi, oleh karena itu ajukan pertanyaan yang terbuka agar dapat dijawab lebih mendalam lagi.

3. Anda dapat meringkas secara global isi pembicaraan.

4. Berikan apresiasi atau ucapkan terimakasih, karena lawan bicara Anda sudah mempercayai Anda untuk menyimak isi pembicaraannya.

Kemampuan menyimak seseorang berbeda-beda namun untuk memaksimalkannya dapat dipelajari dan dilatih berulang-ulang,sebagai seorang trainer Anda harus dapat menguasai kemampuan ini, karena trainer bukan hanya memberikan pelatihan namun juga dapat mendengarkan dan menyimak trainee nya agar dapat tercipta komunikasi yang baik.

Dalam pelatihan Train The Trainer , Reframe Positive Training Center juga mengajarkan tentang hal teknis seperti bagaimana berbicara yang cakap dan juga bahasa tubuh yang digunakan serta hal-hal lainnya untuk menjadi seorang trainer yang handal.

-Disadur dari buku Becoming A Super Trainer, Dr. Akram Ridha-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *