Kendalikan Stres Anda

kendalikan stres AndaBagaimana mengendalikan stress di jaman yang modern dan serba cepat ini? hampir semua orang pernah merasa tidak enak karena situasi yang sulit dan tidak menyenangkan, pernah merasa kacau karena kehilangan kendali di tempat kerja, pernah tertekan karena banyaknya tugas tapi sedikitnya waktu yang tersedia untuk mengerjakannya, pernah merasa tidak dihargai karena kebijaksanaan kantor atau politik kantor yang terjadi, dan mungkin pekerjaan atau karir yang tadinya Anda nikmati telah berubah menjadi beban berat sehari-hari.

Hal seperti itu merupakan keadaan stres dari seseorang, stres dalam bentuk apapun sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari disadari maupun tidak. Dan setiap orang mengalami stres secara berbeda dan berbeda juga cara mereka dalam menghadapi dan kendalikan stres tersebut, ada yang merubah stres menjadi motivasi, menjadi lebih kreatif atau menjadi lebih menata waktunya, tapi kebanyakan orang menghadapi stres menjadikan mereka berpikiran negatif, sehingga memicu kelelahan fisik dan psikis atau mental, serta emosi. Dalam pola pikir NLP (Neuro-Linguistic Programming) dikatakan bahwa pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan system, jika pikiran kita negatif maka tubuhpun akan mengikuti apa yang dipikirkan tersebut.

Stres adalah suatu kondisi atau perasaan yang dialami ketika seseorang menganggap bahwa “tuntutan-tuntutan melebihi sumber daya sosial dan personal yang mampu dikerahkan seseorang” (Richard S. Lazarus), atau dengan kata lain stres adalah apa yang Anda rasakan ketika Anda tidak memiliki kontrol.  Jika Anda menganggap diri Anda tidak mampu menangani tuntutan-tuntutan yang dibebankan kepada Anda, stres yang Anda rasakan akan besar. Tingkat stres yang dialami tergantung pada persepsi terhadap situasi dan kemampuan untuk mengatasinya.

Ketika di tempat kerja, akibat dari stres sudah dapat dirasakan ketika perjalanan dari rumah ke kantor, dan selanjutnya keadaan atau suasana kantor, rekan kerja dan berbagai tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan, sampai ketika perjalanan pulang kembali ke rumah. Penumpukan stress ini dapat berakibat jangka panjang dan mejadi sebuah program baru di pikiran yang bersifat negatif, dan dalam pekerjaan dapat menurunkan performa dan kinerja dari karyawan.

Kendalikan stres Anda mulai sekarang!

Berbagai cara dapat dilakukan dalam mengendalikan stres, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, diantaranya yang paling penting adalah mengetahui dan menganalisa penyebab stres Anda, menggali sebanyak mungkin sumber daya pada diri Anda, membagi waktu dan prioritas terhadap pekerjaan dan kehidupan pribadi, membuat diri Anda nyaman dan dapat berfikir dengan tenang, teknik paling mudah adalah dengan relaksasi atau self hypnosis dan afirmasi yang positif, untuk menenangkan pikiran, tubuh dan jiwa.

Dan betapa luar biasanya jika Anda dapat mengelola kondisi pikiran dan mental dalam menghadapi kejadian-kejadian kehidupan dan persepsi yang timbul karena lintasan pikiran tersebut, yang kemudian dirubah menjadi motivasi dan tantangan untuk meningkatkan prestasi dan membentuk karakter yang positif dengan pemikiran, perkataan dan perasaan yang positif, sehingga dapat dengan mudah kendalikan stress Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *