KESADARAN DIRI UNTUK PERUBAHAN

Kesadaran diri adalah merupakan tahapan pertama bagi seseorang dalam melakukan perubahan pada dirinya untuk memperbaiki dirinya menjadi semakin lebih baik. Kesadaran diri untuk perubahan merupakan awal dengan menyadari diri sepenuhnya dan mengenal diri lebih dalam, bisa dilengkapi dari apapun yang selama ini menjadi lintasan pikirannya, apa yang dia lihat, apa yang dia rasakan dan dia dengar dari eksternal atau di luar dirinya.

Kesadaran diri untuk perubahan adalah materi yang pernah saya bawakan sebagai narasumber pada suatu talkshow di SindoTV Channel 80 Jakarta pada acara MotivaTalk yang dipandu oleh Poppy sebagai host, dengan durasi acara 1 jam. Pada artikel ini saya akan memberikan rangkumannya secara singkat bagi Anda, sahabat-sahabat, yang mungkin tidak menyaksikan acara tersebut.

Kesadaran Diri untuk Perubahan

Kesempatan memperbaiki diri akan selalu datang dengan CARA-CARA YANG INDAH, melalui prestasi, kemenangan, keberhasilan dan kebahagiaan, BAHKAN juga melalui masalah, kemarahan, kekalahan, kegagalan dan kesedihan – (Rully Mujahid)

Kesadaran diri sangat dibutuhkan sebelum melakukan perubahan, karena dengan menyadari diri, menilai diri dan mengenal diri lebih dalam maka Anda akan menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki, perlu diubah, dan perlu dikembangkan dari diri Anda. Kesadaran diri adalah dasar dari membangun karakter seseorang, sehingga Anda akan semakin lebih baik dan lebih hebat dengan kemampuan dan keahlian Anda. Hal-hal yang perlu disadari dalam kesadaran diri Anda antara lain:

  1. Menyadari GARIS WAKTU KEHIDUPAN
    Garis waktu kehidupan setiap orang hanyalah 3 titik yaitu masa lalu, saat ini dan masa depan, dengan menyadari garis waktu kehidupan tersebut maka Anda akan terbiasa membuat goal atau target yang positif untuk masa depan Anda di saat ini-nya Anda, dan tentunya saat ini-nya Anda haruslah positif juga dimana sangat dipengaruhi oleh masa lalu Anda yang telah dilalui dengan kejadian dan pengalaman baik positif maupun negatif.
  2. Menyadari ANDA HEBAT
    Sang Maha Pencipta menciptakan Anda dengan kehebatan di dalam diri Anda, beberapa sifat dasar telah diajarkan kepada Anda seperti mampu berkompetisi, mampu bertahan hidup dan pantang menyerah. Sifat itu telah ada dan diajarkan kepada Anda dari pertama kali Anda masih dalam bentuk sperma sampai perkembangan dan pertumbuhan ketika Anda balita yang sedang belajar berjalan, dan tentunya banyak lagi sifat-sifat dasar yang diajarkan dari perkembangan dan pertumbuhan Anda.
  3. Menyadari NIAT DAN TUJUAN
    Setiap melakukan suatu rencana atau pekerjaan niat dan tujuan adalah hal terpenting, maka perlu disadari niat dan tujuan Anda melakukan hal tersebut mau kemana, untuk apa, untuk siapa dan kenapa itu penting Anda lakukan. Dengan niat dan tujuan Anda yang mulia akan memperoleh hasil yang berbeda dan akan merasakan yang berbeda juga dalam menjalankan proses dan menikmati hasilnya.
  4. Menyadari SUMBER DAYA
    Setiap manusia dilahirkan ke dunia sudah diberikan modal untuk menjalani kehidupannya, modal dasar yang paling mudah adalah otak dengan pikirannya dan panca indera, dengan modal tersebut banyak sekali sumber daya yang sudah disiapkan di diri Anda yang bisa langsung digunakan, yang perlu dilatih, yang perlu dikembangkan lagi, sehingga menjadi berbagai kebisaan, kemampuan dan keahlian Anda. Dengan menyadari sumber daya ini maka Anda mempunyai banyak peluru yang Anda gunakan untuk melakukan perubahan pada diri Anda.
  5. Menyadari PROGRAM YANG SUDAH BERJALAN di pikiran Anda
    Pengalaman masa lalu Anda memberikan banyak program-program ke dalam pikiran Anda, baik itu program positif maupun negatif, yang Anda sadari maupun tidak Anda sadari telah masuk ke dalam pikiran Anda dan menjadi program yang siap dijalankan. Program-program tersebut dapat menguatkan bahkan melemahkan Anda, dengan menyadari program-program yang telah ada tersebut, maka Anda dapat memilih hanya yang positif saja dan juga dapat memutuskan untuk merubah atau mengganti program yang negatif menjadi positif.

Setelah kesadaran diri yang Anda lakukan dengan beberapa hal diatas tersebut, maka akan memunculkan KEMAUAN untuk berubah menjadi lebih baik dan semakin lebih baik, karena Anda juga menyadari bahwa Anda sendiri tidak tahu kemampuan Anda sampai dimana dan seberapa hebatnya Anda disiapkan oleh Sang Maha Pencipta.

KESADARAN DIRI melahirkan KEMAUAN untuk berubah, dan sangat mempengaruhi KEMAMPUAN untuk belajar dan KEMANTAPAN Anda dalam bergerak melakukan perubahan- (Rully Mujahid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *