KOMUNIKASI BERCERITA

Komunikasi bercerita, sebagai contoh mungkin sering kali ketika Anda mendengar pernyataan ini, tanpa sadar Anda tiba-tiba memperhatikan orang yang akan bercerita tersebut.

“Ada cerita menarik tentang dia…”

“saya punya cerita nih…”

Hal ini sama untuk semua orang, apalagi jika cerita tersebut adalah gossip atau menyangkut suatu kejadian di kantor atau lingkungan Anda, antusias untuk mendengarkan akan lebih besar.

Dulu ketika mau tidur anak-anak selalu dibacakan atau diceritakan dengan dongeng sampai mereka tertidur. Dongeng ini berisikan tentang sifat baik dan buruk, tentang motivasi berbuat baik dan lain-lain. Semua orang suka cerita! Itu adalah teknik persuasi dengan komunikasi bercerita.

Komunikasi bercerita

Dengan komunikasi bercerita, membuat hal-hal rumit lebih mudah untuk dipahami, dan dapat mengganti emosi pendengar, dapat menggunakan simbol dan perumpamaan sebagai pengganti hal nyata dari tujuan dan sasaran bercerita.

Komunikasi bercerita adalah Anda mengajak mereka untuk melarikan diri sementara dari dunia nyata dan masuk ke dimensi lain. Ketika mereka berada di storyland, pikiran mereka lebih terbuka untuk menerima konsep dan ide-ide, dan mungkin yang sebelumnya mereka bantah, sehingga dapat menurunkan penolakan dari mereka.

Komunikasi bercerita telah menjadi salah satu rahasia teknik persuasi yang paling kuat untuk mempengaruhi orang, karena itu dalam pelatihan komunikasi persuasi yang dilakukan oleh ReFrame Positive Training Center, kemampuan dan strategi bercerita lebih ditekankan.

Komunikasi bercerita atau mendongeng merupakan salah satu rahasia teknik komunikasi persuasi paling efektif jika Anda tahu bagaimana menerapkannya dengan benar. Untuk menjadi seorang pendongeng yang hebat, secara konsisten dapat membaca laris novel dan buku cerita. Praktek sesering mungkin dan tanpa Anda sadari akan mudah bercerita dan membujuk serta mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang perlu Anda atau mereka lakukan sesuai dengan tujuan bercerita tersebut.

Untuk memaksimalkan rahasia teknik komunikasi persuasi menakjubkan ini, komunikasi bercerita, dengan cara melibatkan sebanyak mungkin indera mereka dan kemampuan komunikasi verbal dan non verbal, serta menyisipakn emosi yang menjiwai isi cerita. Biarkan mereka melihat, mendengar, merasakan, mencium dan mengecap dari berbagai aspek cerita Anda. Mendongeng dapat diterapkan untuk hampir semua situasi dan bidang, tidak hanya di bidang penjualan bahkan untuk terapi pun dapat digunakan komunikasi bercerita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *