MANFAAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN

Pada beberapa tahun belakangan, pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan hal yang sangat dipikirkan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan telah banyak melakukan berbagai cara untuk pelatihan dan pengembangan karyawan, dengan membuat berbagai pelatihan untuk setiap tingkatan jabatan, kewajiban dalam mengikuti pelatihan tertentu yang ditetapkan, sampai pada pelatihan luar ruang yang digabung dengan acara refreshing atau gathering bagi karyawannya.

Pentingnya pelatihan soft skill

Perusahaan memiliki divisi khusus yang mengonsep jenjang pelatihan yang wajib diikuti karyawan, atau pelatihan tambahan sebagai peningkatan kompetensi dan keterampilan secara profesional. ReFrame Positive memiliki layanan untuk perusahaan yang belum memiliki program pelatihan untuk karyawannya, kami akan membuatkan program pelatihan untuk semua jenjang jabatan selama setahun disesuaikan dengan kompetensi yang perlu ditingkatkan atau ditambahkan.

Manfaat pelatihan dan pengembangan karyawan berhubungan erat terhadap hasil pekerjaan dan kinerja karyawan. Oleh karena itu, Pelatihan dan pengembangan karyawan yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada karyawan sehingga karyawan dapat mengembangkan diri dan mampu memahami beberapa hal terkait pekerjaannya. Selain itu dapat juga memberikan efek yang baik terhadap perusahaan, dari hasil produksi atau jasa yang dihasilkan oleh karyawan tersebut.

MANFAAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN

Manfaat kegiatan pelatihan dan pengembangan karyawan bagi dirinya sendiri antara lain karyawan mengerti dan bertanggungjawab terhadap jobdesknya. Dengan pengetahuan, keterampilan yang dipelajari, karyawan dapat menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian terhadap dirinya dan perusahaan, dan karyawan sudah memegang blueprint cara kerja yang baik dan benar. Citra karyawan dapat meningkat karena meningkatnya keterampilan dan keahlian diri serta sikap dirinya. Pelatihan yang diikuti oleh karyawan, jika memang benar-benar diterapkan maka produktivitas kerja semakin meningkat dan berefek kepada kemajuan perusahaan.

Selain manfaat yang didapat oleh diri karyawan itu sendiri, pastinya juga berimbas kepada perusahaan secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan dapat bersaing dengan para kompetitor dan menyesuaikan diri dengan kemajuan, karena memiliki karyawan yang ahli dibidangnya. Perusahaan lebih fleksibel dalam mekanisme penggunaan alat-alat baru. Citra perusahaan meningkat dengan menghadirkan produk yang berkualitas, dan mampu menyiapkan dan menjawab tantangan di masa depan.

Timbal balik ini akan terus terjadi, sehingga perusahaan dapat mempersiapkan karyawan-karyawan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Perusahaan akan mempunyai sumber daya manusia yang selalu tampil meyakinkan dalam melaksanakan pekerjaan, sehingga perusahaan akan meningkatkan prestasi karyawan secara individual maupun kelompok.

Pelatihan dan pengembangan karyawan yang dihadirkan oleh perusahaan tentunya harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan perkembangan perusahaan juga, untuk menghadapi perkembangan dan perubahan teknologi, pasar, suasana politik, dan situasi dunia. Perencanaan pelatihan dan pengembangan ini harus dibicarakan oleh semua pihak yang terkait, dari management, HRD dan leader setiap divisi atau departemen, yang nantinyadisesuaikan dengan tujuan dan target dari masing-masing divisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *