MEMBIASAKAN DIRI DENGAN BERBAGAI SUDUT PANDANG

Dalam artikel ini saya akan berbagi dengan Anda pribadi yang hebat bagaimana membiasakan diri dengan memiliki berbagai sudut pandang.

sudut pandang - perspective -training - characterbuilding

Seperti sudah diutarakan dalam artikel MENGAPA SUDUT PANDANG ITU PENTING, bahwasannya setiap orang akan menanggapi setiap hal dan peristiwa sesuai dengan sudut pandangnya masing-masing. Dan setiap sudut pandang pastilah berbeda satu sama lainnya, namun jika kita dapat memahami hakikat ini maka kita tidak akan merasa kecewa dengan suatu peristiwa yang menimpa.

Wajar adanya jika dalam menghadapi masalah respon pertama kita adalah mengeluh, mengambek, atau mengumpat bahkan mungkin marah terhadap orang lain ataupun diri sendiri, salah satu penyebabnya yaitu saat kita dalam kondisi emosi dalam menemukan suatu masalah kita hanya memiliki satu sudut pandang, lantas bagaimana cara nya agar kita dapat membiasakan diri dengan berbagai sudut pandang , 

berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti :

1. Saat emosi ubahlah posisi Anda

Salah satu Hadist dalam agama Islam menyebutkan ; Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri,hendaknya ia duduk.Jika dengan itu kemarahan menjadi hilang (itulah yang diharapkan.Jika masih belum hilang hendaknya berbaring.

2. Ambillah jeda sesaat

Mengambil waktu atau jeda sesaat ketika emosi itu datang, jeda atau waktu sesaat dibutuhkan agar pikiran menjadi lebih tenang dan mampu untuk menentukan pilihan atas respon logika baik apa yang akan diambil.

3. Menjadi Bapak / Ibu Bagus

Ketika Anda sudah dapat menentukan respon apa yang akan diambil, gunakanlah kesempatan itu untuk mencari sudut pandang lain dari masalah yang dihadapi, berlatihlah menjadi seorang Bapak Bagus atau Ibu Bagus, yaitu maksud nya Anda selalu menjadi seseorang yang menanggapi suatu masalah dengan respon kata-kata “BAGUS” dan diikuti dengan sudut pandang baik yang menyertainya. Contoh kasus : Terjadi pencurian dirumah Anda. respon Anda adalah : “Bagus itu, karena dengan pencurian ini membuat saya lebih berhati hati lagi” atau “Bagus itu, karena pencuri itu tidak melukai kami”.

4. Berlatihlah terus

Ya.. semua hal diatas tidak bisa dilakukan secara instan, karena suatu hal yang sudah mendarah daging didiri kita hanya akan bisa diubah dengan kemauan dari diri sendiri dan juga latihan. Berlatihlah terus setiap hari dan setiaap saat, mungkin hasilnya tidak akan Anda lihat langsung, namun hasilnya akan Anda rasakan dalam kehidupan Anda.

Langkah-langkah diatas juga kami ajarkan dalam training Character building, di dalam training ini akan dibahas lebih luas dan tuntas bagaimana sudut pandang akan merubah hidup Anda.

One thought on “MEMBIASAKAN DIRI DENGAN BERBAGAI SUDUT PANDANG

  1. Pingback: PENTINGNYA SUDUT PANDANG - REFRAMEPOSITIVEReFrame Positive Training Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *