MENGAPA SUDUT PANDANG ITU PENTING

Mengapa sudut pandang itu pentingĀ dalam kehidupan kita sehari-hari , mari ikuti cerita dibawah ini .

Suatu waktu beberapa orang India dikumpulkan kedalam sebuah kandang gajah dalam keadaan gelap gulita. Semua orang ini sepanjang usianya belum pernah melihat gajah. Saat itu untuk pertama kalinya mereka akan diuji untuk mengenali seekor gajah dengan merabanya.

Setelah beberapa waktu mereka meraba gajah tersebut, maka mereka pun dikumpulkan kembali untuk menceritakan bagaimana wujud seekor gajah.

Seorang yang hanya menyentuh belalainya menjelaskan kalau wujud seekor gajah mirip dengan cerobong yang panjang. Seorang lagi yang hanya menyentuh gajah bagian perutnya menjelaskan kalau gajah mirip dengan tembok yang tinggi, seseorang yang menyentuh kaki gajah menjelaskan bahwa wujud gajah mirip dengan tiang yang tinggi, dan seorang lagi yang menyentuh telinganya menjelaskan kalau gajah adalah mirip dengan kipas besar.

Demikian lah setiap orang yang menyentuh salah satu bagian dari gajah menjelaskan wujud seekor gajah sesuai dengan apa yang disentuhnya, karena sudut pandang mereka berbeda-beda maka terjadilah perselisihan.

Jika saja mereka menyalakan lentera atau lampu, niscaya dengan mudah mereka akan dapat melihat seekor gajah yang sebenarnya sehingga perselisihan atau perbedaan pendapat dapat dihindari.

Dari sepenggal cerita diatas, jika kita ibaratkan sentuhan sebagai sudut pandang dan lentera atau lampu sebagai bermacam sudut pandang lainnya, maka makna apakah yang dapat Anda simpulkan.. yah makna yang akan Anda simpulkan juga mungkin berbeda dengan apa yang akan saya simpulkan, oleh karena itu marilah kita sama-sama membahasnya .

persepsi - sudut pandang - characterbuilding

Manusia seringkali menyangka kalau apa yang dirasakannya adalah hal yang sebenarnya, padahal mereka ataupun saya hanya merasakan sebagian kecil dari keseluruhan peristiwa yang ada, perasaan tersebut berkembang sehingga muncullah asumsi pribadi, seperti kita sadari bersama asumsi yang keluar dari pemikiran kita jika tetap dipertahankan didalam suatu forum akan berakibat tidak baik.

Setiap orang akan menanggapi setiap hal dan peristiwa sesuai dengan sudut pandangnya masing-masing. Dan setiap sudut pandang pastilah berbeda satu sama lainnya.

Oleh karena itu mengapa memiliki sudut pandang itu penting dalam kehidupan sehari-hari

1. Menghindari perselisihan diantara sesama manusia

Dengan mengetahui adanya sudut pandang lain dari suatu peristiwa, seharusnya pikiran kita lebih terbuka untuk menerima perbedaan, melihat adanya kemungkinan-kemungkinan solusi lain dari peristiwa tersebut, sehingga kita tidak perlu memaksakan sudut pandang pribadi.

2. Wawasan kita akan semakin luas

Sudah pasti jika kita mau menerima sudut pandang dari orang lain, maka pengetahuan kita pun bertambah, wawasan kita semakin luas, dari tidak tahu menjadi tahu, dari kurang mengerti menjadi lebih mengerti.

3. Dapat lebih mudah mencari solusi.

Suatu masalah akan lebih mudah diselesaikan jika kita menyadari bahwa banyak yang dapat dilihat dan dimengerti mengapa peristiwa atau masalah itu terjadi, dari berbagai sudut pandang yang kita lihat, kita akan lebih mudah mempertimbangkan solusi apa yang tepat untuk masalah tersebut.

4. Dapat lebih bijaksana dalam menghadapi suatu masalah.

Akankah bijaksana jika kita sudah menyimpulkan sendiri suatu masalah atau suatu prasangka jika kita melihatnya hanya dari sudut pandang kita ? padahal kemungkinan besar sudut pandang orang lain dalam melihat masalah yang sama akan lebih baik dari kita.

5. Dapat menimbulkan empati dalam diri.

Jika kita dapat melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda atau lebih dari satu, maka kita juga melihat banyak kemungkinan kenapa masalah tersebut dapat terjadi, kita dapat mengetahui alasan-alasan lain kenapa masalah tersebut dapat terjadi, contohnya jika kita mengetahui ada pencurian, sudut pandang pertama akan berkata, bahwa pencuri itu emang jahat, sudut pandang kedua akan berkata, namun mengapa pencuri itu melakukannya,mungkin karena si pencuri terdesak dengan keadaan yang tidak bisa dihindari lagi, sudut pandang ketiga akan berkata, mungkin itu terjadi karena si pencuri mau menolong orang lain dengan hasil curiannya. Memang dalam segi apapun mencuri itu salah, tapi jika ada beberapa sudut pandang, kita pun akan menumbuhkan empati di hati kita, jadi keputusan yang diambil setelah kita mengetahui kebenarannya akan berbeda dan akan lebih bijaksana.

Dan seperti sebuah dadu yang memiliki 6 sisi, jika kita hanya mau melihat disatu sisi saja, pasti kita hanya berpatokan terhadap sisi yang kita lihat, padahal masih ada 5 sisi lagi yang keberadaannya perlu kita ketahui.

Di artikel MEMBIASAKAN DIRI DENGAN SUDUT PANDANG saya akan membantu Anda bagaimana agar kita dapat menumbuhkan berbagai sudut pandang dari suatu masalah sehingga kita tidak terjebak dalam prasangka dan dugaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *