MOTIVASI KARYAWAN

Motivasi karyawan menjadi perhatian dari management puncak suatu perusahaan, hanya perusahaan yang mempunyai pola pikir bahwa karyawan adalah asset lah yang memperhatikan perkembangan motivasi karyawan mereka. Perusahaan-perusahaan tersebut sangat memahami bahwa motivasi karyawan merupakan kunci yang menentukan dari kinerja individu, produktivitas kelompok, dan mempertahankan budaya kantor yang menyenangkan.

Beberapa perusahaan telah banyak melakukan berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan motivasi karyawan, bahkan ada yang memiliki divisi khusus yang mengonsep dan melakukannya. Berbagai cara melakukan motivasi karyawan kadang berhasil tetapi ada juga yang tidak sesuai atau terjadi perubahan seperti yang diinginkan perusahaan.

Pengertian Pelatihan Character Building

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? motivasi karyawan adalah jauh dari ilmu pasti. Tidak ada formula rahasia, tidak ada cara menghitungnya, tidak ada lembar kerja untuk mengisi, kecuali hanya untuk mengetahui kondisi saat ini karyawan tersebut, dan dapat berubah-ubah tergantung dari suasana hatinya. Pada kenyataannya, sebetulnya motivasi dapat dilakukan sendiri oleh karyawan dan perusahaan hanya membantu memfasilitasi sehingga motivasi karyawan tersebut dapat dinaikkan. Beberapa karyawan mungkin dapat termotivasi hanya oleh uang atau karir. Lainnya mungkin menginginkan penghargaan atau pengakuan secara pribadi dari perusahaan ataupun leadernya untuk pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik. Ada juga karyawan yang termotivasi karena lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kekeluargaan.

Bagaimana Mencari Tahu Motivasi Karyawan

Sebagai dasar ideal dari memotivasi karyawan adalah Anda sebagai leader atau pun manajemen mencari tahu apa yang karyawan Anda inginkan, dan menemukan cara untuk memberikannya kepada mereka atau memungkinkan mereka untuk mendapatkannya. Timbal balik yang sepadan, seperti halnya suatu proses jual beli. Perusahaan dapat mengonsepnya dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah dari biaya yang dikeluarkan, tentunya yang bisa dilakukan dengan biaya seminimal mungkin atau tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang besar.

Mencari tahu motivasi karyawan dari hal-hal yang diinginkan dan dibutuhkannya, dan juga menginformasikan yang perusahaan butuhkan dari mereka, dapat dilakukan dengan menjalin kedekatan dengan karyawan atau tim tersbut, salah satunya dengan rutin melakukan morning meeting minimal satu kali seminggu, bisa dalam kelompok divisi atau depateman, atau bahkan tim kecil dalam divisi tersebut.

Morning meeting, merupakan pertemuan untuk mengkoordinasi tim dan baiknya dilakukan pagi hari, berisi tentang pekerjaan dan tugas apa yang akan dilakukan hari itu atau selama seminggu kedepan, pertemuan tidak perlu formal, dengan suasana santai pun akan lebih baik, karena bisa dimasukkan sesi motivasi, curhat dan mencari info yang sedang karyawan hadapi dalam pekerjaannya bisa juga hal pribadi yang mempengaruhi pekerjaannya disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan.

Selain itu perusahaan juga perlu membekali karyawannya dengan pengetahuan untuk memotivasi diri, melalui Pelatihan Pengembangan Diri, yang merupakan pelatihan softskill untuk pengembangan kemampuan karyawan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadinya, pelatihan yang bisa diberikan antara lain seperti character building, leadership, communication skill, team building dan masih banyak lagi, disetiap program pelatihan tersebut sudah pasti dapat meningkatkan motivasi dan antusias karyawan tersebut.

Dalam setiap pelatihan soft skill di ReFrame Positive, selalu ditekankan bagaimana mengenal dan mengembangkan diri untuk semakin lebih hebat dari sekarang, karyawan akan diminta pendapatnya tentang kemampuan yang dimiliki, keinginan dan kebutuhannya di perusahaan tempat dia bekerja, dan hal-hal apa saja yang bisa diberikan kepada perusahaan sesuai dengan tugas dan kemampuan yang dimilikinya.

Tentunya masih banyak lagi cara-cara untuk mencari tahu apa yang karyawan Anda inginkan untuk meningkatkan motivasi karyawan Anda, dan menemukan cara untuk memberikannya kepada mereka atau memungkinkan mereka untuk mendapatkannya, dan menjadi solusi terbaik agar perusahaan semakin maju dan sukses secara bersama-sama dan didukung oleh semua karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *