PELATIHAN SOFT SKILL

pelatihan soft skill

Pelatihan soft skill merupakan salah satu cara untuk pengembangan SDM di perusahaan, dengan maksud untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Sayangnya masih sedikit perusahaan yang mengerti betapa sangat pentingnya pelatihan soft skill untuk peningkatan produktifitas perusahaan, bisa dikarenakan perusahaan lebih berfokus pada pelatihan hard skill agar karyawan lebih ahli dibidang kerjanya, bisa juga alokasi budget pelatihan yang sedikit dan berpikir kemampuan soft skill masih belum perlu dan biarkan karyawan sendiri yang melakukannya.

Dan begitu pun kesadaran dari tiap individu atau karyawan yang sangat sedikit untuk lebih mengetahui kemampuan, menggali dan mengembangkan sumber daya di dirinya, atau bahkan hanya sekedar membereskan masalah atau trauma di masa lalu yang dapat mengganggu kualitas hidupnya dan melihat masa depannya dalam kenegatifan, seperti tidak percaya diri, pesimis, dan hanya menjalankan rutinitas yang tidak membuatnya nyaman.

Kemampuan hard skill dan soft skill harus dimiliki oleh setiap orang, apapun pekerjaan dan jabatannya, baik profesional maupun karyawan, karena keduanya saling mendukung dan menyempurnakan.

Apa Cakupan Pelatihan Soft Skill

Secara umum cakupan pelatihan soft skill terdiri dari 2 (dua) cakupan besar yaitu pelatihan untuk meningkatkan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILL) dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILL).

Pelatihan soft skill untuk keterampilan interpersonal skill mencakup pelatihan kepemimpinan, motivasi, komunikasi efektif, presentasi, negosiasi, public speaking, penjualan dan marketing, service excellence, kerjasama tim, problem solving dan lain sebagainya.

Pelatihan soft skill untuk keterampilan intra-personal skill mencakup pelatihan character building, manajemen waktu, manajemen stres, setting goal, menghancurkan mental blok, manajemen perubahan diri, creative thinking, integritas & profesionalisme, pensiun bahagia, menjadi trainer handal, pendidikan parenting dan lain sebagainya.

Pelatihan Soft Skill Oleh ReFrame Positive Training Center

Dalam pelatihan soft skill yang dilakukan oleh ReFrame Positive sangat diperlukan pelatihan soft skill untuk keterampilan intra-personal terlebih dahulu, bisa dikatakan pelatihan soft skill ini adalah sebagai dasar dan pondasi bagi seseorang untuk menguasai dirinya dahulu, selanjutnya orang tersebut akan lebih mudah dan nyaman untuk mengikuti pelatihan soft skill untuk keterampilan interpersonal skill dan juga hard skill.

Setiap profesi dituntut mempunyai hard skill yang khusus, TETAPI soft skill merupakan kemampuan yang HARUS dimiliki setiap orang di setiap profesi.

 

2 thoughts on “PELATIHAN SOFT SKILL

  1. Pingback: KEBUTUHAN PELATIHAN SOFT SKILL UNTUK KARYAWAN - ReFrame Positive Training CenterReFrame Positive Training Center

  2. Pingback: PROGRAM PELATIHAN SOFT SKILL UNTUK KARYAWAN - ReFrame Positive Training CenterReFrame Positive Training Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *