PENGERTIAN PELATIHAN CHARACTER BUILDING

Pengertian pelatihan character building ini kita awali dengan pengertian karakter itu sendiri, dalam kamus-kamus banyak sekali mendefinisikan karakter antara lain sebagai sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya.

Selain itu juga dikatakan sebagai kualitas mental dan moral yang khas untuk individu, adalah sifat mental dan etika yang kompleks menandai seseorang, dan ada juga dikatakan merupakan kualitas stabil dan khas yang dibangun ke dalam kehidupan individu yang menentukannya dalam merespon terlepas dari keadaan dan kondisi tertentu.

Pengertian Pelatihan Character Building

Pengertian pelatihan character building untuk apa?

Socrates (469-399 BC) mengatakan ‘Mengenal diri sendiri adalah awal mengenal kebenaran’. Socrates mengistilahkannya dengan GNOOTI SEAUTON (know yourself). Setiap orang perlu mengenal seperti apa karakter dirinya, bagaimana pola pikir yang mempengaruhinya, dan siapa dirinya yang sebenarnya, sehingga orang tesebut dapat mengenal kebenaran.

Abraham Lincoln mengatakan ‘Reputasi adalah bayangan. Karakter adalah pohon’. Karakter seseorang yang kuat dan besar seperti pohon yang rimbun dan kokoh, yang menghasilkan bayangan yang meneduhkan bagi orang yang lewat. Memiliki Karakter yang baik berarti melakukan hal yang benar dan positif selain untuk diri sendiri juga berpengaruh untuk orang lain, dan pastinya orang-orang akan menilai Anda dengan sangat baik dan positif, menjadikan reputasi Ada pun meningkat sebagai akibat karakter positif Anda tersebut.

Orang yang telah mengenal dirinya akan mudah mengenal orang lain, karena mampu memahami orang lain dengan persepsi positifnya, maka mampu menyesuaikan dirinya dengan berbagai gaya (style) orang yang berbeda, sehingga menjadikan orang yang cerdas secara personal.

Pelatihan character building mencakup pengertian tersebut, yaitu mengantarkan Anda kepada perbaikan pandangan, sikap, dan perilaku terhadap diri sendiri dan hubungan dengan orang lain di dalam pekerjaan serta kehidupan pribadinya. Kemudian mengarahkan Anda untuk mengenal semua kekuatan diri sendiri secara positif, mengembangkan diri dengan pikiran, perkataan dan perasaan positif untuk mengoptimalisasikan semua potensi dan bakat terpendam di dalam diri, dan mampu memotivasi diri untuk menjadi seorang pribadi yang sukses dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *