Pengertian SOFT SKILL

Pengertian soft skill secara sederhana jika dibandingkan dengan pengertian hard skill, bisa digambarkan dalam analogi seorang atlit sepak bola yang mempunyai kekuatan berlari, menendang, keahlian merebut bola, mengoper bola, menggiring bola dan kemampuan untuk menghindar dari serangan lawan dalam menghambat atau merebut bola, inilah yang disebut dengan hard skill, sedangkan soft skill nya adalah kemampuan atlit tersebut dalam bekerja sama dengan tim, komunikasi yang terbina, kegigihan, keberanian mengambil keputusan, inisiatif penyerangan atau bertahan, kekreatifan dalam melihat situasi dan lain sebagainya.

Kemampuan hard skill dan soft skill harus dimiliki oleh setiap orang, apapun pekerjaan dan jabatannya, baik profesional maupun karyawan, karena saling mendukung dan menyempurnakan. Apabila anda cukup pandai, adalah mudah untuk mempelajari kemampuan teknis (technical skills) untuk berhasil dalam pekerjaan. Tetapi bila anda berkeinginan untuk memanjat anak tangga karier, anda membutuhkan kemampuan lain, yakni SOFT SKILLS. Di tempat kerja, sayangnya sering kita melihat orang dipromosikan pada posisi leadership tanpa memiliki kemampuan soft skills untuk dapat berhasil.

Pengertian soft skill secara umum

Pengertian hard skill bila disederhanakan adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan ilmunya, dan ini dapat dikembangkan dan dipelajari dengan membaca, kursus, latihan dan lain-lain. Sedangkan pengertian soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan sumber daya secara maksimal, dan hal tersebut dapat dipelajari dari  pengalaman hidup, sosialisasi, kemampuan beradaptasi dan agama atau norma yang diyakini.

Termasuk dalam pengertian soft skill yaitu interpersonal skills mencakup kemampuan-kemampuan memotivasi, kepemimpinan, komunikasi, negosiasi, presentasi, kepiawaian bicara di forum, kerjasama tim, membangun relasi, empati dan lain sebagainya. Dan yang termasuk pengertian soft skill yaitu intra-personal skills mencakup membangun karakter diri, kemampuan membagi waktu, menghadapi stres, proses berpikir kreatif, pencapaian target, perubahan diri semakin positif, integritas, profesionalisme, optimisme, percaya diri dan lain sebagainya.

Setiap profesi dituntut mempunyai hard skill yang khusus, TETAPI soft skills merupakan kemampuan yang harus dimiliki di setiap profesi.

Semoga pengertian soft skill ini dapat memperjelas gambaran besar dari sumber daya yang anda miliki, sudahkah anda melatih dan mengembangkan soft skill anda?

 

5 thoughts on “Pengertian SOFT SKILL

  1. Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how could i subscribe for a blog
    web site? The account helped me a acceptable deal. I had been a
    little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

  2. I had problems to find your posts in google. I found it
    on 14 position, you have to build a lot of high authority social backlinks , it will help
    you to rank to google top 10. I know how to help your website, just search in google – k2 seo tips and
    tricks

  3. I see you share interesting content here, you can earn some additional money, your
    blog has big potential, for the monetizing method,
    just type in google – K2 advices how to monetize a website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *