Semua karena CINTA…


Dan bila AKU berdiri tegar sampai hari ini
Bukan karena KUAT dan HEBAT ku
Semua karena CINTA.. semua karena CINTA…
Tak mampu diriku dapat berdiri TEGAR.. TERIMA KASIH CINTA…

 

#SalamHebatSahabat..

Sahabat.. Saya sangat setuju sekali dengan lirik lagu yang dibawakan oleh Joy Tobing di atas. Bahwa segala sesuatu dalam semua aktivitas kita apabila didasari dengan cinta maka segala sesuatunya akan lebih HEBAT dan semua akan terasa lebih KUAT.

Kenapa harus dengan cinta?? Karena faktanya,  cinta ini ternyata merupakan elemen dasar dan cukup penting dalam emosi setiap manusia dan cinta ini pula menempati posisi teratas yang menggerakan motivasi seseorang. Apa jadinya jika di sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang banyak orang berada di dalamnya tapi tak ada satu pun yang bekerja disana tidak didasari oleh cinta, baik cinta terhadap perusahaan tempat ia bekerja,  cinta untuk dapat bekerja professional dan cinta untuk dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan tempat dia bekerja.

Apa jadinya juga jika dalam lingkup yang lebih kecil lagi yaitu di dalam keluarga, setiap anggota keluarga yang berada di dalamnya tidak digerakan oleh cinta mungkin akan terjadi pertengkaran dalam kesehariannya.

Sahabat..

Saya meyakini segala sesuatu pasti memiliki awal. Awal yang baik akan membawa proses yang baik dan mencapai hasil yang baik pula. Hal ini sangat saya yakini, dan saya percaya bahwa keyakinan ini bermanfaat. Dalam NLP hal-hal semacam ini diistilahkan dengan presupposition. Keyakinan saya tentang awal yang baik tadi, membawa saya pada kebiasaan untuk membantu orang-orang di sekitar saya untuk mengawali harinya dengan baik.

Caranya? Sederhana saja. Ketika membangunkan mereka dari tidurnya di pagi hari, lakukan dengan penuh kelembutan dan sentuhan Cinta. Karena perasaan apa yang mereka rasakan pertama kali saat mengawali hari ini, Insya Allah, akan mewarnai perasaan mereka melewati sepanjang hari ini.

Ketika membuka mata pertama kali di pagi hari, apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan, akan membekali map-nya tentang hari ini. Bayangkan apabila terbangun di pagi hari karena teriakan atau bentakan yang keras? Atau dengan menggoyang atau memukul bagian tubuh dengan kasar? Atau ketika membuka mata melihat wajah yang marah penuh ketegangan? Apa yang akan pertama kali terpikirkan? Buruk sekali hari ini! Dan bisa diduga, dengan map seperti itu, sepanjang hari ini akan banyak hal yang dipersepsi secara negatif (orang bilang bad mood) dan akan membawa pada hasil yang negatif pula.

Bandingkan dengan bila pertama kali membuka mata di pagi hari melihat senyum yang cerah, mendengar sapaan yang lembut, dan merasakan sentuhan cinta yang hangat. Wow! Hari yang indah! Dengan map seperti ini, maka segala hal yang ditemui akan disikapi secara positif, dan akan membawa hasil yang positif pula.

Apapun alasannya, bagaimanapun keadaannya, mari kita bantu orang-orang terdekat kita dengan perasaan positif ketika mereka mengawali harinya. Ini bisa kita lakukan mulai saat membangunkan mereka dari tidur. Saat sarapan pagi bersama. Atau saat melepas mereka berangkat ke sekolah, berangkat bekerja atau saat kita pamit meninggalkan mereka di rumah. Berikan bekal visual dengan wajah cerah dan senyuman yang indah. Berikan bekal auditory dengan ucapan yang lembut namun penuh semangat. Berikan bekal kinesthetic dengan sentuhan dan tepukan yang hangat. Tidak ada bekal yang lebih berarti untuk mengawali hari selain cinta dari orang-orang yang kita kasihi.

Mungkin kita bisa berpura-pura tersenyum meskipun kita jengkel. Mungkin kita berpura-pura lembut meskipun kita gemas. Mungkin kita bisa bersuara halus meskipun menahan marah. Namun akan jauh lebih baik bila jika semua itu kita lakukan dengan tulus. Pikiran, perasaan dan motorik kita membutuhkan congruence atau keselarasan. Ketika salah satu tidak sejalan dengan yang lain, maka hal itu dapat dirasakan oleh orang lain. Apalagi oleh orang-orang terdekat kita, yang memiliki kepekaan emosional lebih dibandingkan dengan orang-orang lain. Jangan biarkan mereka menerima kepura-puraan. Jangan bingungkan mereka untuk memaknai incongruence dalam diri kita. Berikan bekal yang baik untuk mengawali hari mereka dengan tulus dan penuh cinta. Maka dengan sendirinya kitapun telah membekali diri kita sendiri untuk menempuh hari dengan sikap positif dan penuh semangat.

Mari kita mulai saat ini dengan menyemai CINTA sebanyak-banyaknya…

Artikel ini dibuat oleh Tedyansyah, merupakan Associates Trainer & Hypnotherapist dari ReFrame Positive Training Center. Tulisan beliau yang lain dapat dibaca di blog Catatan Aa Syah atau melalui twitter dan pathnya CatatanAaSyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *