COACHING

Coaching Individu atau Group

Coaching individu atau group merupakan proses untuk membina seseorang atau tim dalam menemukan dan bertindak berdasarkan solusi yang paling cocok untuk dirinya dan sekitarnya, yang 100% merupakan inisiatif dari mereka. Coaching individu atau group dilakukan melalui dialog yang membantu para coachee (orang yang dibina) untuk melihat perspektif baru dan mencapai tingkat kejelasan yang lebih tinggi mengenai pandangan, emosi, dan tindakan-tindakan mereka, juga menyangkut orang dan situasi di sekitar mereka, serta membantu untuk mengembangkan pemahaman tentang diri mereka sendiri, dan dengan demikian mereka dapat meningkatkan kinerja dalam kehidupan pribadi maupun karir.

Coaching adalah mengajari individu atau group bagaimana belajar, dengan mengajukan beberapa pertanyaan terbuka dengan gaya persuasive dan provocative, yang mendorong coachee untuk fokus ke dalam diri mereka sendiri, menggali semua sumber daya yang dimiliki, dan menyadari batasan-batasan yang telah dibuat, sehingga dapat mengambil solusi dari dalam dan oleh dirinya sendiri.

Menurut Gerald Olivero, seorang Public Personal Management, mengatakan bahwa pelatihan dapat meningkatkan produktivitas 22,4%, sedangkan pelatihan yang ditindaklanjuti dengan konseling dan coaching dapat meningkatkan produktivitas 88%.

Coaching sebagai program pendamping atau lanjutan pertemuan setelah pelatihan untuk melihat pengaplikasian dan perkembangan materi pelatihan dalam rutinitas pekerjaan melalui kesadaran diri secara optimal serta penerapannya dalam menyusun dan mencapai target tim.
Coaching individu atau group dapat juga berdiri sendiri, jadi bukan sebagai lanjutan pertemuan setelah pelatihan, materi coaching disesuaikan dengan kebutuhan individu atau group dalam mendampinginya dengan menggali semua sumber daya baik itu kekuatan maupun kelemahan dan hambatan, dan kemudian membuat strategi untuk mencapai target yang telah ditentukan dan diinginkannya.

Coaching individu atau group dilakukan dalam beberapa sesi dan tiap sesi membutuhkan waktu sekitar 1 – 1,5 jam, dengan ikatan kontrak tiap individu atau group minimal 6 bulan. Sistem yang kami lakukan adalah visit client atau mendatangi tempat klien. Coaching individu atau group sangat membantu karyawan atau tim yang mengalami demotivasi, mempunyai keinginan untuk berubah tetapi tidak tahu bagaimana caranya atau memulai dari mana, dan juga yang mengalami konflik dengan dirinya atau timnyadalam memutuskan sesuatu keputusan.