Gaya kepemimpinan coaching mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Tetapi, ini adalah metode terbaik yang kami terapkan dalam pelatihan, karena secara keseluruhan metode tersebut dinilai efektif digunakan dalam perusahaan.

Jadi, posisi atasan ini bukan hanya sebagai leader melainkan juga coach yang penuh dengan perhatian terhadap anak buahnya. Mereka selalu memahami bagaimana keadaan anak buahnya dan berusaha mengembangkannya.

Walau begitu, masih ada ketegasan yang membuat mereka merasa sungkan. Walau terlihat santai, namun keadaan sebenarnya sangat serius, tetapi teknik itu justru menghasilkan sesuatu bagi perusahaan.

Apa Itu Gaya Kepemimpinan Coaching

Sebelum masuk pembahasan lebih jauh, Anda harus paham dulu apa itu metode coaching yang cukup banyak mendapatkan respons positif ini. Dimana keadaannya atasan hanya bertindak sebagai pengawas saja.

Mereka terkesan mendengar dan membiarkan anak buahnya untuk berkembang dengan sendiri. Hal seperti ini bukan karena malas, melainkan pimpinan sudah mengerti bagaimana kemampuan satu dan lainnya.

Gaya kepemimpinan coaching seperti ini sangat cocok bagi perusahaan yang sedang merintis dan bertumbuh. Biasanya atasan sudah paham serta mengerti benar bagaimana kemampuan anak buahnya. Maka dari itu, tugasnya hanya melihat saja perkembangan yang dibuat.

Kalau memang menyimpang dan kurang benar baru mendapatkan teguran. Selebihnya mereka yang berkembang sendiri, hal ini cukup baik karena memberikan ruang bagi para pekerja memaksimalkan potensi serta kemampuan.

Jika, semuanya mengeluarkan kemampuan terbaik. Bukan tidak mungkin hasilnya pasti memuaskan, bahkan mampu menembus target yang sudah ditetapkan. Harus diakui menggunakan gaya seperti ini memang sulit, dan butuh adaptasi dalam mengaplikasikannya.

Maka, dari itu Anda perlu mengikuti pelatihan agar paham bagaimana tekniknya serta menerapkannya saat bekerja di kantor. Keterampilan semacam ini tidak ditemukan di sekolah atau mata kuliah.

gaya kepemimpinan coaching - ReFrame Positive

Bagaimana Pengaruh atau Dampaknya ke Perusahaan

Harus diakui pengaruh gaya kepemimpinan coaching yang dirasakan luar biasa, karena anak buah bekerja dengan setulus hati. Bukan keterpaksaan, kalau memang ada deadline mereka tetap senang mengerjakannya.

Dampak luar biasa ini dapat terjadi karena, dalam melakukan metode ini atasan akan mengubah pola pikir mereka. Jadi, bukan seperti boss yang hanya memandang anak buah sebagai bawahan saja, melainkan seperti di bawah ini.

1.      Karyawan Adalah Aset

Gaya kepemimpinan coaching akan memposisikan karyawan tersebut merupakan aset luar biasa, apalagi bagi yang berprestasi atau mempunyai kompetensi tinggi. Bagi sebuah perusahaan atau organisasi orang berkualitas sulit ditemukan.

Maka dari itu aset berharga itu akan terus dijaga dengan baik. Caranya dengan membuatnya bekerja secara nyaman, walau ditekan namun dia tidak merasakan sama sekali. Sikap seperti ini yang sulit diterapkan.

Dalam benak mereka kalau ada anak buah bisa melebihi, bisa jadi posisi tersebut akan terebut. Mungkin, beberapa kasus memang seperti itu, walau mudah keluar namun tidak sulit masuk ke lainnya.

Kondisi tersebut dapat terjadi, karena kemampuan yang Anda miliki memang langka, maka dari itu ketika kompetitor tahu Anda keluar kemungkinan besar akan direkrut dan berkembang bersama.

2.      Tim Solid dan Tangguh

Gaya kepemimpinan coaching juga mampu membentuk tim yang solid dan tangguh. Hal ini sangat penting agar mereka dapat maksimal dalam mengerjakan apa saja. Semakin banyak kelompok bagus, kemungkinan berkembang sangat tinggi.

Namun, mencari pelatihan dengan metode seperti ini sedikit jarang. Maka dari itu langsung saja hubungi admin ReFrame Positive untuk kebutuhan Anda, kami siap memberikan pelatihan secara intensif. Atau Anda ingin kami melakukan coaching untuk manager atau leader Anda!.

Harus diakui menjadi pemimpin semua orang bisa dan mudah, hanya saja untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan sangat sulit, apalagi mendorong tim untuk mencapai target. Maka dari itu, kami mencoba memberikan pelatihan gaya kepemimpinan coaching sebagai solusinya.

Leave a Reply