Pelatihan leadership untuk manager adalah kategori yang banyak dibutuhkan karena untuk meningkatkan dan memperluas mutu pimpinan di perusahaan. Diantara peristiwa yang muncul di tempat kerja ialah para pimpinan atau supervisor yang tidak memiliki keterampilan kepemimpinan, ada juga yang menjadi manager karena jenjang karir, bukan merupakan kecakapankepemimpinannya.

Ketika perusahaan yang maju semakin besar pasti semakin besar juga persoalan yang tampak, terlebih terkait dengan kemajuan teknologi, iklim perdagangan, dan pengendalian sumber daya manusia yang semakin kompleks.

Pelatihan leadership untuk manager didesain agar menolong para leader memajukan kecakapan memimpin mereka dan memperbesar kapasitas mereka untuk memimpin perubahan yang tepat.

Keterampilan memimpin mudah dipelajari dan dilatih, pertama-tama dengan mengenal potensi diri sebagai pemimpin. Atas rangkaian strategi dan pengalikasian kepemimpinan yang menyeluruh, mereka akan memiliki pandangan mengenai kerangka pikir pemimpin berkinerja bagus, dan belajar memanfaatkan kemampuan pemimpin untuk memengaruhi serta memimpin dengan efek optimal.

Pimpinan akan mempelajari berbagai aspek kepemimpinan, bukan saja meraih sasaran yang ditetapkan, mengembangkan organisasi, dan laba semata. Manager harus menguasai kompetensi dan kemampuan mengendalikan kolega atau divisinya, seperti bagaimana menginspirasi dan menyemangati tim, membangun komitmen, dan mengendalikan kritikan karena perubahan.

Pelatihan Leadership
Pelatihan Leadership – Call/WA: 0815 10 210210

Kompetensi Pelatihan Leadership untuk Manager

Program-program pelatihan keterampilan kepemimpinan bisa menunjang untuk menyempurnakan kapasitas kepemimpinan para pimpinan, membentuk diri menjadi pemimpin yang bersikap baik, dengan kompetensi terbaik yang dikuasai sebagai pemimpin.

Beberapa elemen utama dari pelatihan leadership yang dilatih kepada para manager dari program-program pelatihan leadership kami yaitu:

  1. Kemampuan Komunikasi

Dari kemampuan leadership yang sangat penting ialah komunikasi. Manager yang baik mengerti cara komunikasi yang efektif dalam membangun keterkaitan interpersonal dengan tim, dapat secara jelas memberikan berbagai hal kepada kliennya, dari tujuan sampai delegasi pekerjaan, sehingga membentuk suasana nyaman dan jernih.

Dengan kecakapan komunikasi, seorang leader akan menghargai dan memotivasi timnya, memengaruhi tim untuk bersamanya, menyajikan ide dan gagasannya, membangun relasi, maupun permufakatan bersama kolega atau klien.

  1. Bisa beradaptasi dan Agile

Sikap mental belajar terus menerus sangat perlu ditingkatkan oleh seorang pimpinan, untuk meyakinkan bahwa leader tidak tertinggal oleh perubahan dalam bisnisnya, serta bisa memberikan keutamaan yang bersaing pada industrinya.

Seorang leader wajib gesit dan bisa beradaptasi disrupsi, perlu bersaing dengan lingkungan bisnis yang sangat bersaing, geo-politik, percepatan iklim perekonomian, perubahan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, dan banyak unsur lainnya.

  1. Keterampilan Menjadi Coach dan Mentor

Kecakapan sebagai coach dan mentor, bisa mengunggulkan kepemimpinan dari banyak kapabilitas lainnya. Secara efektif mengajar dan membimbing rekan kerja atau divisi untuk berkembang pada karir mereka, serta tentunya juga mengembangkan perusahaan.

Karyawan menghargai pimpinan yang melakukan perubahan positif, menunjukkan bahwa atasan mereka juga memahami mereka, dan mau melihat mereka meningkat. Tim impian menciptakan kehebatan namun tidak akan terjadi dengan instan. Perhatikan cara membangun dan memenej tim berkinerja terbaik yang melampaui ekspektasi.

  1. Membina Relasi

Leader menjadi pemimpin yang menciptakan kolaborasi dengan keterkaitan yang kuat, saling percaya, juga tulus dalam keotentikan dengan tim dan kliennya, membuat mereka lebih efektif menjadi pemimpin, maupun menciptakan fondasi untuk sukses.

Leadership meningkatkan dan memfasilitasi kerjasama tim yang besar dari anggota yang bekerja menuju sasaran yang sama. Relasi kerja yang baik meningkatkan keterlibatan tim yang betambah kuat, bisa menurunkan cacat kualitas, ketidakhadiran, serta kenaikan produktivitas.

Pelatihan Leadership
Pelatihan Leadership – Call/WA: 0815 10 210210
  1. Memberikan Keputusan

Seorang pimpinan mampu meningkatkan kecakapan pemberian keputusan yang tepat, walaupun besar atau kecilnya, adalah bagian mendasar dari leadership, dan memiliki kepastian untuk mendorong keputusan tersebut, juga dapat untuk menyesuaikan pada saat keputusan itu tidak berorientasi ke hasil yang dituju.

Keputusan leader akan menakdirkan kemajuannya, dan bisa jadi tempat kerjanya. Mengambil keputusan yang tidak populer tetapi harus, mungkin salah satu yang paling sulit menjadi seorang pemimpin, tetapi paling utama bahwa sebagai seorang pemimpin dapat memahami tanggung jawab dan menentukan keputusan yang jelas untuk tim atau organisasinya.

  1. Berpikir kritis

Berpikir kritis yaitu kecakapan dalam berpikir transparan, sambil mencari hubungan logis antara ide-ide yang berbeda. Orang yang kritis biasanya menjadi penentu keputusan yang cerdas, amat analitis dan seringkali selalu rasional.

Penyelesaian masalah yang efektif biasanya membutuhkan ketenangan dan memetakan jalan keluar langkah demi langkah. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu pemecahan masalah, menentukankeputusan akurat, memecahkan permasalahan internal dan eksternal, bisa memetakan ketidakkonsistenan dan keluputan dalam penalaran untuk mencapai target yang ditentukan.

  1. Mengendalikan Konfrontasi

Pimpinan yang efektif harus pintar mengidentifikasi konflik, dan menguasai pandangan jauh ke depan mengenai bagaimana menyelesaikannya. Wajib juga untuk bersikap rasional pada saat menghadapi konflik.

Pimpinan harus mampu terjun dalam memecahkan atau sedikitnya menurunkan konflik sebelum berefek negatif pada bisnis. Ketika dihadapi dengan baik, suatu konflik bahkan akan berubah menjadi positif bagi organisasi, karena seringkali bisa berorientasi pada hubungan yang bertambah kuat atau memberikan ide-ide transformasi baru.

Seorang manager menjadi orang-orang pilihan tim kerja untuk mengimplementasikan aneka macam tindakan, kebijakan dan operasional organisasi, sehingga peran manager sangatlah utama serta memastikan kinerja perusahaan.

Ambillah langkah yang utama untuk keberhasilan karir dan perubahan organisasi. Beranjaklah ke persepsi industri yang baru. Registrasi diri Anda sekarang untuk mengikuti program pelatihan Leadership di perusahaan. Mulailah mengubah diri Anda dari manager masa lalu menjadi pemimpin berfokus masa depan, dengan berbagai pelatihan leadership dari ReFrame Positive.

Kami menyediakan ruang diskusi jika Anda membutuhkan program pelatihan leadership, atau membutuhkan penjelasan lebih detail modul pelatihan ini. melalui formulir kontak di website ini, atau melalui email service kami, atau chat langsung dengan admin melalui whatsapp service 0815 10 210210.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *