6 PRINSIP KEPEMIMPINAN

Apakah Anda membentuk hidup dan karier Anda ?

Apakah Anda memengaruhi kualitas pengalaman orang lain ?

Apakah Anda bekerja meraih tujuan tertentu dengan bekerja bersama atau mengkoordinasikan usaha-usaha orang lain ?

Apabila Anda menjawab “YA” pada salah satu dari pertanyaan diatas, baik Anda sadari maupun tidak, Anda adalah seorang pemimpin.

Definisi kepemimpinan paling sederhana menurut Jhon Maxwell adalah sebagai pengaruh positif.

leadership-training-pelatihan-kepemimpinan

Seseorang yang dapat memberikan pengaruh positif kepada lingkungan terdekat dan lingkungan sosialnya dapat dikatakan sebagai pemimpin.

Karakteristik kunci dari seorang pemimpin dengan dan tanpa jabatan adalah :

  • Percaya bahwa dirinya dapat membentuk hidup dan kariernya secara positif
  • Memimpin lewat hubungannya dengan orang lain, sebagai lawan dari kendali yang ia miliki atas orang lain.
  • Berkolaborasi, bukannya mengendalikan.
  • Meyakinkan orang lain untuk berkontribusi, bukannya memerintah mereka.
  • Membuat orang lain mengikutinya karena rasa hormat dan komitmen, bukan dengan rasa takut dan kepatuhan.

Ada 6 prinsip kepemimpinan yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemimpin

1. KEMAMPUAN MENGUASAI DIRI

“Kemenangan tersulit adalah mengalahkan diri sendiri” -Aristoteles

Anda tidak bisa menjadi pemimpin bagi orang lain sampai Anda terlebih dulu bisa memimpin diri sendiri.

Ubahlah cara pandang Anda melihat semua tantangan menjadi sebuah kesempatan, bukannya kewajiban. Jika Anda melakukan sesuatu sebagai suatu kesempatan, emosi yang dirasakan akan berbeda, ada perasaan melayani, menghasilkan,memberi semangat, membantu, mengajar atau semua rasa positif lainnya, namun jika Anda melihatnya sebagai sesuatu kewajiban, maka akan timbul rasa keterpaksaan atau keharusan. Mereka yang ingin merubah dunia sekeiling mereka, demi diri mereka sendiri, perusahaan,masyarakat dan keluarga, jarang bertindak dari rasa keharusan atau keterpaksaan.

2. KEKUATAN FOKUS

“Energi dan kegigihan mengalahkan segalanya” -Benjamin Franklin

Fokus dan ketetapan hati mengalahkan otak dan kepandaian kapan saja. Anda tak harus menjadi lebih pandai dan lebih berpendidikan agar sukses, kekuatan Anda ada pada kemampuan berfokus untuk mengerjakan hal penting, jika Anda berfokus pada hal benar, dan banyak berusaha, Anda akan menerima hasil yang terbaik.

Kualitas terpenting yang dapat dimiliki oleh seorang pemimpin adalah FOKUS, pemimpin efektif, dengan jabatan apapun, mampu mempertahankan diri mereka dan orang di sekitar mereka pada tugas, mereka yang tidak berfokus didalam kehidupan dan karier cenderung untuk hanyut.

Tujuan tiap orang yang ingin bertindak menjadi pemimpin adalah bergerak mengatasi gangguan rutin yang dihadapi dan berfokus pada apa yang benar-benar penting. Dengan berfokus pada tujuan yang menjadi prioritas utama, seorang pemimpin dapat menciptakan pencapaian dan prestasi baik ditempat kerja maupun kehidupan, dalam dalam segala hal yang dilakukan.

3. KEKUATAN BERSAMA ORANG LAIN.

“Kepemimpinan adalah seni mendapatkan kinerja luar biasa dari orang biasa” -anonim

Segala yang kita raih terjadi bukan hanya karena usaha kita saja, tapi juga lewat usaha orang lain.

Perbedaan terbesar antara orang yang mengatur orang lain dan orang yang memimpin orang lain adalah bagaimana ia mengembangkan orang-orang yang berada dibawahnya.

Seorang pemimpin akan belajar terus menerus untuk membangun karyawannya, memberi mereka harapan, dan membuat mereka menjadi bagian terpenting dari sebuah tujuan, mengapresiasi akan hasil kerja mereka juga menghargai setiap usulan dan prestasi.

Agar seorang pemimpin dapat memaksimalkan kekuatan karyawan-karyawannya, seorang pemimpin sebaiknya memiliki karakter, kompetensi dan koneksi atau hubungan baik dengan karyawannya agar karyawan merasa nyaman dan tanpa keterpaksaan untuk mengerahkan kekuatan maksimalnya untuk bekerja bersama Anda.

4. KEKUATAN KOMUNIKASI PERSUASIF.

“Kita mempunyai terlalu banyak kata-kata tinggi melambung,tapi terlalu sedikit tindakan yang sesuai dengan kata-kata itu”   -Abigail Adams

Komunikasi bukanlah tujuan dalam bisnis atau kehidupan,tujuannya adalah pemahaman, komunikasi hanyalah alat untuk meraih itu. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 80% dari kinerja buruk karyawan terjadi akibat komunikasi yang tidak efektif, komunikasi yang efektif merupakan inti dari bertindak sebagai pemimpin, apapun posisi atau jabatan Anda.

Komunikasi yang terangkai dari kata-kata punya kekuatan luar biasa dalam mengubah pemikiran, emosi, untuk mempengaruhi sikap kita dan mengubah hasil.

Bila seorang lain memberi tahu, maka seorang pemimpin akan menjual.
Bila seorang lain membuat kesan, maka seorang pemimpin  akan mempengaruhi.              Bila seorang lain berusaha untuk didengarkan, maka seorang pemimpin akan berjuang untuk dimengerti.
Bila seorang lain menerangkan, maka seorang pemimpin akan memberi energi.
Bila seorang lain memberi informasi, maka seorang pemimpin akan menginspirasi.
Bila seorang lain akan bergantung pada bukti, maka seorang pemimpin akan menuturkan kisah.

Pemimpin hebat tidak dinilai berdasarkan lama bicaranya, tapi pada pengaruh pesan mereka.

5. KEKUATAN PELAKSANAAN.

“Pelaksanaan adalah kereta perang orang jenius” -William Blake

Tekad tanpa aksi adalah khayalan, orang yang bertindak sebagai pemimpin memberikan keyakinan pada tindakannya. Ketika Anda memiliki rencana dan sumberdaya yang dibutuhkan, tiba waktunya untuk melakukan tindakan, dan tindakan Anda akan berpengaruh besar pada antusiasme dan komitmen karyawan-karyawan di sekeliling Anda, jangan hanya bertindak sekali, teruslah mengambil tindakan hingga Anda berhasil.

Memiliki ide yang bagus tidaklah berarti jika Anda tidak melaksanakannya.

6. KEKUATAN MEMBERI

“Jika Anda sungguh-sungguh mendambakan kebahagiaan, temukan dan pelajari cara melayani” – Albert Schwetzer

Dengan memberi, mengajari kita melihat sesuatu yang ada diluar diri kita.
Dengan memberi, mengajari kita untuk dapat melayani lebih baik dalam membantu sesama.
Dengan memberi, menjadikan dunia sebagai tempat yag lebih baik.
Dengan memberi, membuat kita merasa jauh lebih baik.

Ada banyak hal yang dapat kita berikan, dalam bentuk materi ataupun bisa dalam bentuk keahlian, waktu, atau ketrampilan Anda.

Memimpin sama dengan melayani, memberikan apa yang Anda miliki agar dapat membuat orang lain menjadi lebih baik. Biasanya ketika kita memikirkan kepemimpinan yang terlintas adalah kinerja, efektivitas dan hasil, namun, aspek-aspek penting kepemimpinan ini akan lebih cemerlang apabila hadir bersama dengan pemberian, pelayanan, serta kontribusi, semua itu, secara berdampingan menolong datangnya pencapaian terbaik dan tertinggi dari setiap individu.

Untuk dapat lebih memahami bagaimana karakteristik seorang pemimpin, Anda dapat mengikuti pelatihan Leadership yang kami adakan untuk perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang.

 

-disadur dari Buku Semua orang bisa jadi pemimpin -Mark Sanborn-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *