ANTUSIASME DALAM BEKERJA

Antusiasme dalam bekerja di dalam keseharian seorang karyawan, kadang terjadi naik turunnya semangat dari karyawan tersebut, disebabkan hal-hal yang dapat diketahui ataupun tidak dan bisa terjadi tiba-tiba, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat menurunkan kinerja dan pelayanan atau produksi dari perusahaan.

Manusia membutuhkan semangat dan perasaan antusias bukan hanya supaya mereka dapat terus-menerus bekerja, tetapi juga akan membuat mereka melakukan pekerjaan mereka dengan sukacita. Dengan antusiasme dalam bekerja yang tinggi dari karyawan, maka akan memberikan energi positif yang besar kepada tim dan rekan-rekan di tempat kerjanya. Ketika masalah serta tantangan dalam pekerjaan semakin besar, maka pada akhirnya, yang akan tersisa hanyalah orang-orang dengan antusiasme tinggi. Mengapa? Karena merekalah yang mampu menanggung segala kesulitan dan masalah yang terjadi dalam hidupnya.

Nothing great was ever achieved without enthusiasm.
(Ralph Waldo Emerson – American Poet, Lecturer and Essayist, 1803-1882)

ReFrame Positive sangat memahami perlunya antusiasme dalam bekerja ini, sehingga banyak perusahaan yang meminta untuk melatih karyawannya agar dapat meningkatkan antusiasme diri karyawannya. Pelatihan ini tidak melatih karyawan agar dapat dimotivasi saja, tetapi karyawan dilatih untuk dapat memotivasi dirinya dari dalam, menemukan apa yang membuatnya antusias dan meningkatkannya berkali-kali lipat. antusiasme bekerja dari dalam diri karyawan ini lah yang sangat powerful dan membuat karyawan tersebut lebih bahagia.

antusiasme dalam bekerja

Karyawan yang memiliki antusiasme dalam bekerja tidak pernah dikontrol oleh lingkungan, bahkan dialah yang mengontrol lingkungannya. Jika lingkungannya dalam kondisi baik, ia akan baik. Jika lingkungannya dalam keadaan buruk, ia akan tetap baik. Antusiasme adalah energi kehidupan yang tertanam di dalam diri setiap manusia, energi yang membuat maju dan terus maju. Antusiasme merupakan sendi-sendi kehidupan yang membuat hidup menjadi lebih hidup, berwarna, dan bermakna, bukan saja bagi diri sendiri tetapi bagi orang lain disekitarnya.

Mengapa Antusiasme dalam bekerja itu penting?

Banyak sekali pentingnya antusiasme dalam bekerja, yang bisa digabungkan dalam beberapa alasan yang sangat kuat yaitu:

  1. Membuat hidup lebih bahagia dan menyenangkan, karena karyawan bekerja dengan sangat bahagia, tanpa mengeluh, dan membangkitkan semangat dari dalam untuk menikmati pekerjaannya dan bersyukur dengan yang dikerjakan dan dimilikinya.
  2. Membentuk pribadi yang kreatif, inovatif dan attraktif, karena dengan antusiasme yang karyawan miliki menjadikan dirinya haus untuk terus belajar hal baru yang membuat dirinya lebih hebat dan semakin hebat, serta mampu memberikan efisiensi dalam bekerja dengan inovasi dan kreatifitasnya.
  3. Komunikasi yang powerful, setiap karyawan yang antusias, maka semangatnya sangat tinggi, adrenalinnya selalu terpacu dalam melakukan hal-hal positif, dan mempengaruhi bahasa tubuh dan tonalitas suara yang mendukung rasa antusiasme karyawan tersebut. Berpengaruh juga dalam berkomunikasi, dimana kata-kata dan pesannya semakin kuat, dan menjadikan karyawan itu pribadi yang persuasif, tegas, mampu menyampaikan pendapat dan ide-ide cemerlangnya dan mengajak atau mempengaruhi orang-orang sekitar untuk lebih positif.
  4. Memudahkan dalam mengatasi permasalahan yang muncul, karena dengan antusiasme karyawan yakin bahwa masalah yang datang kepadanya adalah suatu pelajaran, tantangan, proses dan motivasi bagi karyawan tersebut, serta pasti ada solusi dalam menyelesaikan ‘masalah’ tersebut, sehingga menjadikan dirinya mendapatkan pelajaran baru melalui pengalaman hidup sendiri.
  5. Melakukan sesuatu lebih baik, karena dengan antusias tersebut karyawan mampu mengerjakan segala pekerjaan dengan benar dan penuh tanggung jawab, dengan rasa bahagia dan cinta menjadikan karyawan lebih profesional dibidang pekerjaannya.

Dan tentunya masih banyak lagi alasan lainnya mengapa antusiasme dalam bekerja itu penting, ibarat sebuah kendaraan, antusiasme adalah injakan pedal gas yang memacu menggerakkan keseluruhan sistem mekanik dalam kendaraan sehingga dapat bergerak dan melaju dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *