Tujuan komunikasi efektif dalam setiap interaksi perlu dipersiapkan agar lebih optimal dalam melakukan interaksi tersebut. Komunikasi merupakan suatu kebutuhan naluriah yang ada pada semua makhluk hidup.

Seorang linguist dan researcher Dr. Everett Kleinjans (Ph.D.) menyatakan bahwa komunikasi adalah bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernafas, sepanjang manusia hidup maka perlu berkomunikasi. Kebutuhan manusia untuk menyampaikan pesan atau keinginannya kepada orang lain adalah suatu tujuan dari berkomunikasi dengan interaksi, dan dapat menjadi awal keterampilan manusia berkomunikasi.

Komunikasi ini secara otomatis dengan melalui lambang-lambang isyarat (nonverbal) dan kemudian disusul dengan kemampuan untuk memberi arti pada setiap lambang-lambang itu dalam bentuk bahasa verbal.

Dari pengalaman sehari-hari, komunikasi merupakan sebuah aksi dimana manusia berbicara, mendengarkan, melihat, merasa, dan memberi reaksi satu sama lain terhadap pengalaman-pengalaman dan lingkungan dimana mereka berada. Tujuan dan cara seseorang dalam berkomunikasi yang baik dan mudah dipahami merupakan suatu komunikasi efektif yang dapat dipelajari dan dilatih.

Tujuan komunikasi efektif

Berbagai Tujuan Komunikasi Efektif

Tujuan komunikasi efektif diantaranya supaya informasi atau pesan yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan, dengan cara komunikator perlu menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin.

Dengan melakukan komunikasi efektif, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain. Tujuannya agar pendapat kita bisa diterima oleh orang lain, melalui pendekatan persuasif merupakan salah satu cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain dengan nyaman tanpa paksaan apalagi kekerasan.

Komunikasi efektif juga bertujuan menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkannya, melalui pendekatan persuasif, kita mampu membangun persamaan persepsi dengan orang lain atau teman bicara kemudian menggerakkannya sesuai keinginan kita.

Komunikasi efektif memegang peran penting untuk membantu mewujudkan hubungan yang sehat dan penuh penghargaan baik di dunia kerja, sosial, dan keluarga, serta menentukan betapa efektifnya orang-orang bekerja sama dan mengkoordinasikan usaha-usaha untuk mencapai tujuan.

Tujuan komunikasi efektif lainnya adalah komunikasi yang berhasil mencapai sasaran dengan respon yang sesuai dengan tujuan komunikasi individu tersebut, melalui kemampuan yang dimiliki komunikator untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat dengan persepsi yang sama.

Leave a Reply