Pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan merupakan pelatihan soft skill yang banyak dicari oleh perusahaan, dari beberapa program pelatihan soft skill di ReFrame Positive, karena komunikasi efektif memegang peranan sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misinya.

Semua berawal dari komunikasi, karena itu pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan ini sangat ditekankan menjadi salah satu modul yang wajib diikuti dalam program pelatihan soft skill di perusahaan.

Perusahaan sangat yakin komunikasi efektif dibutuhkan juga untuk memperkuat keutuhan dan kekompakan tim, untuk memudahkan proses pekerjaan dalam mengambil keputusan atau menemukan solusi dari permasalahan yang muncul, serta dapat juga meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari sisi motivasi, karir dan lain sebagainya.

Pengertian komunikasi efektif dapat didefenisikan saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan, dan mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) atau pemahaman yang sama pada orang yang berinteraksi tersebut.

Perusahaan menyadari, komunikasi efektif sangat penting bagi seorang leader, karena sebagai proses dimana fungsi manajemen seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dapat dicapai dengan komunikasi yang baik. Komunikasi biasanya sering terganggu antara atasan dan bawahan, hal ini dikarenakan masalah pemilihan kata, pemaknaan, tidak ada umpan balik, perbedaan budaya dan status, yang menimbulan persepsi dan pemahaman yang berbeda.

Dampak Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Karyawan

Dari pengalaman perusahaan yang mengikutkan karyawannya untuk pelatihan ini, dampak yang sangat terasa pertama kali sudah pasti adalah pada diri karyawan itu sendiri, dengan meningkatnya kesadaran ketika mereka telah memutuskan dan mengijinkan dirinya untuk berubah menjadi lebih baik dalam berkomunikasi melalui interaksi sehari-hari.

Penekanan pada kesadaran dan penilaian diri dari keterampilan komunikasi selama ini terlebih dahulu dilakukan pada pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan yang dilakukan ReFrame Positive, kemudian mereka melakukan perubahan kepada kemampuan atau keterampilan komunikasi yang ideal agar informasi atau pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik, dan mendapatkan respon yang sesuai.

Keterampilan komunikasi dari para peserta pelatihan akan terus meningkat, dan semakin dia merubah dirinya lebih baik dan semakin baik, komunikasi yang terjadi akan semakin baik dan jelas, intinya adalah mereka mau melatih dirinya dengan perubahan komunikasi yang lebih baik, dan dampaknya akan terasa di lingkungan kerja dan bisa jadi akan menularkan energi positifnya kepada rekan-rekan kerjanya sehingga menjadikan tim yang positif dan solid juga.

Dan bayangkan setelah mengikuti pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan ini, betapa sederhananya komunikasi yang mudah dicerna dan dipahami oleh teman bicara, sehingga seseorang dapat dengan mudah menjelaskan atau memahami apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan, dan akhirnya dapat mempengaruhi dalam mengambil keputusan yang berpihak kepadanya.

Dalam pelatihan komunikasi efektif untuk karyawan ini, pastinya akan diungkap rahasia komunikasi yang elegan, fleksibel dan dapat diterima berbagai kalangan teman bicara, dan dengan mudah menjalin kedekatan dan akhirnya mempengaruhi teman bicara.

Leave a Reply